[ux_banner height=”468px” height__sm=”189px” height__md=”453px” bg=”1448″]

[/ux_banner]
[title style=”center” text=”konsep pembelajaran sma algebra iibs” color=”rgb(47, 143, 184)”]

Tahfidz dan Tahsin

Seluruh santri yang memulai pendidikannya dari jenjang SMA di targetkan memiliki kemapuan membaca alqur’an yang bagus dan hafal alqur’an 3juz pertahun , sehingga para santri menamatkan pendidikan SMAnya telah memiliki 9 juz hafalan Alqur’an, dengan bekal hafalan tersebut  Algebra IIBS akan membimbing santri untuk melanjutkan pendidikan di  luar negeri terutama di timur tengah.

 

Metode al-Muyassar

Pesantren Algebra IIBS menggunakan metode al-Muyassar dalam sistem belajar mengajar pembelajaran Tahfidz al-Qur’an. Metode ini menekankan konsep talaqqi sebagai upaya untuk mempermudah dan mempercepat santri dalam menghafal dan muraja’ah al-Qur’an, terutama untuk para santri yang masih mengalami kesulitan dalam mengahafal. Metode ini terdiri dari 3 tahapan pokok, yaitu murajaatul qarib, hifdzul jadid dan at-tahdhir.

 

Pendalaman Bahasa

Santri Baru diwajibkan memakai bahasa asing, yaitu Bahasa Arab dan bahasa Inggris. Target setahun pertama Santri sudah bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Algebra IIBS akan menerapkan hari bahasa setiap minggunya ( seminggu bahasa arab dan seminggu bahasa inggris) sehingga dengan berbagai pendekatan penguasaan bahasa asing santri memilikiseluruh kompetensi bahasa tersebut.

 

Kelas Peminatan

Untuk jenjang SMA para santri akan dilakukan pendataan potensi diri dan dibuat kelas penjurusan sesuai dengan minat. maka dari itu Algebra IIBS membuka empat kelas peminatan yaitu : Kelas ulama dengan penguatan islamic studies , sainties dengan penguatan kurikulum sains, leadership dengan penguatan kurikulum kepemimpinan, dan enteprenuer untuk melahirkan jiawa jiwa entepreneur. dengan demikian pengembangan kurikulum serta penguatan akademik disesuaikan berdasarkan minat para santri dan bakat yang mereka miliki. 

 

Pendidikan Kepemimpinan dan Pengkaderan

Sesuai dengan tujuan Algebra IIBS, yaitu unggul dalam bidang kepemimpinan dan pengkaderan, Algebra IIBS mencetak generasi muda yang siap menjadi pemimpin masa depan. Maka dari itu, pendidikan kepemimpinan dan pengkaderan menjadi program unggulan yang akan dikembangkan oleh Algebra IIBS,Santri akan diberikan pelatihan dan motivasi dari tokoh-tokoh yang sudah berhasil dibidangnya sehingga memberi motivasi kepada santri untuk memiliki kebaranian , percaya diri, tanggung jawab, dan mimiliki visi yang jelas untuk mewujudkan cita-cita mereka.